Kalau pas tidur gimana, apa juga sudah nggak ngompol lagi ?
gimana trik-nya ?
ngomong-ngomomg berapa usia jonathan sekarang ?

ibunya "Zahra Aulia'ul Ummah"

At 02:48 PM 4/12/00 +0700, you wrote:
>Emang kok, saya juga membiasakan anak saya untuk tidak ngompol dan pup di
celana. Waktu belon bisa ngomong, dia akan pegang-pegang celananya kalo
pengen pipis. Pada waktu umurnya 15 bulanan dan udah pinter ngomong, nah
terasa banget deh enaknya. Dia udah bisa bilang mau pipis atau pup.
Sekarang usia 20 bulan...sama sekali engga pernah ngompol atau pup di
celana. Jadi kalo mau pergi engga pernah dipakein pampers...aman
kok...soalnya pasti bilang kalau mau pipis. Resepnya ya itu, telaten ngajak
pipis sejak kecil. Selamat praktek !