On Wed, 12 Apr 2000 19:37:00   Quinike N. Sukirwan wrote:
>hi mama jonathan,
>kalau anaknya sudah umur setahun, masih bisa diajarin seperti jonathan ngga'
>ya ?
Kenapa engga ?? Menurut saya sih bisa aja.

>terus terang, saya juga rada-2 bingung, karena ada yang bilang potty
>training tuh untuk 2 tahun ke atas, tapi kalau bisa lebih dini, kenapa
>ngga'?
He-eh, saya juga pernah baca...katanya usia dini untuk toilet training itu 2 taunan.
Tapi, karena waktu dicoba umur 6 bulanan, John udah mau. Ya udah, diterusin aja. Eh,
tapi John pernah mogok loh, pas kami pindahan rumah, engga tau deh ada hubungannya apa
engga. Mogok sekitar 2 bulanan, abis itu ya biasa lagi.

Kayak resepnya sih kudu telaten aja ya. Kalo habis minum susu dan habis mandi,
pipisnya rada sering. Jadi hampir tiap 5-10 menit sekali John diajak pipis. Kalo
pipisnya keluar, kita kasih tau, Nah ini namanya John pipis. Abis gitu, biasanya
setengah jam sekali diajak pipis. Pada waktu John baru bisa menahan pipis, biasanya
celananya akan basah sedikit (ngompol sedikit), terus dia akan pegang-pegang
celananya. Kita akan ajak dia pipis sampe tuntas dan ganti celananya. Lama-lama
kontrolnya tambah baik. Sekarang sih pasti bilang kalo mau pipis, engga betah sendiri
kali kalo ngompol. Enak loh...kalo ke mana-mana engga usah dipakein pampers lagi.

Kalo ngajarin pup, biasanya pagi-pagi habis minum susu, sudah didudukin di closet
(maunya John di closet orang gede). Kalo gagal, dicoba lagi pada saat mau mandi pagi.
Kalo gagal lagi dicoba lagi habis makan pagi. Biasanya sih engga gagal lagi. Sekarang
sih saya tunggu aja sampe dia minta di-pup-in sendiri.

Begitu aja kok, yang penting harus sabaaarrr dan telateeenn. Lamam-lama kalo udah
pinter, nah kerasa deh enaknya.

Selamat mencoba,

mamam john

Send FREE April Fool's Greetings to your friends!
http://www.whowhere.lycos.com/redirects/American_Greetings.rdct