From: Stella Martini [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Wednesday, April 26, 2000 9:29 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] Antibiotik

Persoalan antibiotik ini berbeda-beda tanggapannya.
Seperti semua hal lain, antibiotik ini juga punya dua sisi, baik dan buruk.
Sisi baiknya, ampuh membasmi bakteri dalam waktu cukup singkat, dengan kata
lain, si penderita jadi cepet sembuh. Sisi buruknya, jika diberikan
sering-sering, bakterinya jadi kebal dan engga mempan lagi, so harus cari
antibiotik lain yang lebih 'keras dan ampuh' untuk membunuh si kuman. Kalau
sering-sering....ya berulang terus, sampe-sampe nanti susah nyari antibiotik
yang masih 'ditakutin' sama si bakteri. Contohnya adik saya, saking
seringnya radang terggorokan dan minum antibiotik, sekarang dia harus minum
antibiotik yang super sakti kalau radangnya kumat. Jadi, dia harus hati-hati
menjaga kesehatan tenggorokannya, dengan seribu pantangan plus minum ramuan
tradisional kayak rebusan daun sirih. Orang rumah juga diwanti-wanti sama
dokter jangan sampe ketularan, soalnya bakterinya udah canggih, kalo
ketularan ya harus minum antibiotik yang super sakti itu juga.

Tapi, kalau pada balita dibiarkan batuk dan pilek kelamaan (saking takutnya
sama antibiotik) akibatnya bisa jelek juga, misalnya bisa jadi sinusitis,
brochitis, dan penyakit cukup menyeramkan lainnya.

Jadi, kalau saya sih, kalau batuk atau pileknya engga pake demam, biasanya
saya akan kasih obat tradisional atau kalau agak parah, ya dikasih
obat-obatan non-antibiotik. Biasanya engga lebih dari satu minggu udah
sembuh total. Puji Tuhan, sampe segede gini (21 bulan) anakku belon pernah
kena radang tenggorokan.

Kalau batuk pileknya pake demam, biasanya akan saya bawa ke dokter. Saya
minta dan dsa biasanya kasih kok, satu resep untuk obat non antibiotik dan
satu resep berisi obat antibiotik untuk ditebus 2-3 hari kemudian, kalau
minum obat non antibiotik engga mempan, alias masih demam dan batuk pileknya
engga mereda. Habis, kalau dibiarin kelamaan, ya itu, engga bae juga kan.

Sebaiknya sih pada waktu ke dsa, di konsultasikan dulu saja. Terus terang
aja bahwa kita hanya mau pake obat antibiotik kalau terpaksa. Terus....kalau
pake obat biasa baenya rada lamaan...jangan suka bilang dsa-nya engga cocok
atau engga pinter ya .....:)

Salam ,

mama jonathan
--

On Wed, 26 Apr 2000 07:19:09   daniand wrote:

>Salam,
>Anak saya umur 5 bulan tertular pilek oleh saya dan istri :-(
>Setelah diperiksa oleh DSA ternyata dia radang tenggorokan dan diberi resep
obat
>berupa puyer/bubuk dari beberapa macam obat. Saya tanya apa ada
antibiotiknya,
>dijawab ada tapi ringan karena radang dan harus diberi antibiotik karena
kalau
>tidak nanti tambah parah. Obat diberikan untuk 5 hari dan harus habis.
>Sampai dirumah saya mencoba membaca resep tersebut dan ada satu yang saya
> [...]

Send FREE April Fool's Greetings to your friends!
http://www.whowhere.lycos.com/redirects/American_Greetings.rdct