mbak Rie,
kalau menurut saya, bau mulutnya kemungkinan berasal dari lidah.
kebanyakan orang memang suka lupa menyikat lidah waktu menyikat giginya,
padahal lidah itu kan lapisan atasnya berlekuk-lekuk, tempat sembunyinya
kotoran... makanya kalau bangun tidurm atau setelah beberapa saat ngga'
menggosok gigi, lidah kita akan putih-putih.

apalagi yang namanya bayi, kan minumnya susu. susu itu kalau udah lama di
mulut jadi asam, nempel di lidah. karena itu kan sering juga tuh masalah
lidah bayi putih-2, kata dsa ada jamurnya juga.
saran saya sih, kalau lagi nyikat gigi putra anda, lidahnya juga disikat.
kebetulan anak saya demen gosok gigi, dan kalau disuruh melet pun dia bisa,
jadi ya saya mudah membersihkan lidahnya.

mengenai nafas lewat mulut, si kecil lagi sakit (atau baru sembuh dari)
pilek ngga'? kadang-2 kalau hidungnya mampet, trus dia akan bernafas melalui
mulut.
atau kemungkinan lain, si kecil alergi debu atau serbuk polen, sehingga
tonsil di hidung bengkak terus (seperti kita kalau habis bersin), jadinya
hidungnya mampet.
dulu anak saya pernah mampet begitu, tapi karena pilek, trus dikasih
albuterol (tetes hidung).

begitu sharing dari saya. semoga berguna.

Quinike