-----Original Message-----
From: Endra Wimajanti [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Monday, May 22, 2000 11:54 AM
 Mbak Diah, kalau menurut pengamatan saya, kebanyakan bayi memang cenderung
tangan kirinya yang lebih aktif atau lebih berperan. Saya pribadi enggak tau
kenapa, tapi mungkin ini berhubungan dengan cara menggendong bayi yang
kebanyakan di gendong di sebelah kiri, jadi tangan bayi sebelah kirinyalah
yang bebas bergerak (sementara tangan kanan bayi ada diantara ketiak atau
didekat dada sipenggendong). Putri saya (8 bln) juga cenderung menggunakan
tangan kirinya, kadang saya mengajarkannya untuk menggunakan tangan
kanannya, tapi saya berusaha untuk tidak memaksakan penggunaan tangan
kanannya, karena saya pikir pada usianya sekarang ini dia belum mengerti
betul mana yang boleh dan tidak (masalah sopan/tidak sopan). Menurut saya
pengajaran itu akan lebih efektif dimulai pada usia 1-2 tahun nanti.
Lagipula saya jadi takut mengekang perkembangan tak kanannya, siapa tahu dia
memang berbakat left-handed? Salam, ibunya Adin