Tapi, kalau kita baca di ayahbunda dahulu, masalah bayi kuning "katanya"
menjadi bahan komersialnya rumah sakit,.benar tidak ya,..

===== Mungkin pengalamannya seperti saya, waktu saya siap-siap pulang dari rumah
sakit, saya dipanggil sama dokter anak dan katanya harus tinggal sehari lagi,
karena anak saya kuning. Waktu saya tanya kuningnya berapa, katanya 8.Saya engga
sempat tanya banyak, selain udah panik, sikapnya sang dokter juga engga terlalu
simpatik. Waktu udah bisa berpikir lagi, saya tanya suster saya, katanya angka
bahayanya sih diatas 10, tapi 8 itu kan hampir mendekati 10, jadi sebaiknya
disinar sehari lagi. Yah terpaksa kami menginap sehari lagi, sayanya sudah bisa
pulang, tapi masak anak saya sendirian, kalo mau asi kan repot harus dipompa
atau saya harus tetap datang ke RS.

Besok paginya, saya dikabari sama susternya, bilirubin anak saya sudah turun
jadi 6,3. Wah saya surprise banget, kok bisa cepet begitu. Susternya bilang sih
turun 0.1 biasa Bu, ternyata kemarin itu, kadarnya bukan 8, tapi 6.4. Duh saya
gemeess rasanya, kok ya bisa-bisanya dibilang 8. Saya pengin protes sama
dokternya tapi katanya engga datang ke RS dan suami saya bilang ya udah deh
engga usah ribut-ribut, toh kita gak kembali ke dia lagi. Saya merasa sudah
dibohongin dan dikerjain sama pihak RS. Kalo cuma 6.4 kan bisa saya bawa pulang
dan jemur sendiri aja di rumah. Lumayan lho, nambah sehari biaya kamar saya dan
anak saya. VIP lagi.

Saran saya buat yang lain, jangan panik dulu, minta penjelasannya yang benar.
Saya dulu panik sih dikasih tau anak saya kuning, dan juga belum ngerti apa sih
itu ? Bahayanya apa, normalnya berapa. Tapi jadi berguna lho buat pengalaman
buat saya. Semoga buat yang lain juga.

Salam manis,
Mama Ticia