wah,.. jadi rame ya perkara memberi makanan padat sebelum 4 bulan..
(walaupun subyeknya bayi & Susu Formula)...
Sebetulnya dari awal kan sudah disebut bahwa kekhawatiran memberi makanan
padat sebelum waktunya itu adalah ketidaksiapan pencernaan si kecil...
(sudah diterangkan panjang lebar ttg enzim dst)... Saya jadi inget
perdebatan yang mirip dengan ini masalah Asi. Setelah muncul artikel ttg
manfaat ASi adalah untuk kecerdasan, ibu-ibu yang tidak memberi asi
khawatir, akhirnya bermunculan bukti bahwa yang tidak minum asi bisa cerdas.
Menurut saya, tentu saja itu sangat memungkinkan terjadi. Apalagi kalau ibu
dan suami adalah orang-orang yang cerdas, bukankah kecerdasan sebagian (bbrp
persen) adalah genetik ? Belum lagi kalau lingkungannya kondusif, dst..
(dari artikel disebut lingkungan juga menunjang,kan ?)
Kalaulah kita saling mengingatkan temans yang lain untuk berusaha memberi
Asi, tidak memberi makanan padat sebelum 4 bulan, itu juga ditunjang
penelitian bahwa itulah yang terbaik. Tapi kalau kondisi kita tidak
memungkinkan, mungkin yang terbaik dalam kondisi kitalah yang kita upayakan.
Mungkin ibu-ibu tidak usah deg2an kuatir si kecil tidak cerdas. Cerdas bukan
hanya dari situ, kok... Ini semua anggap saja masukan, mungkin anak yang
kedua nanti tidak usah terlalu cepat. Ibu setuju kan segala sesuatu yang
"terlalu'' tidak baik ? (terlalu awal, terlalu lambat ,...dst)

-ibunya aya-