papanya Agastya,
kalau menurut buku/artikel yang pernah saya baca, membersihkan gigi bayi sih
memang lebih baik sejak awal, malah sebelum giginya tumbuh, yang dibersihkan
ya gusi dan lidahnya. Katanya sih dengan cara ini dapat menjaga pertumbuhan
gigi yang baik.

Kalau saya, sikat gigi si kecil sih sejak gigi pertama tumbuh. Awalnya saya
pakai kain bersih (washlap), sampai kedua gigi pertamanya udah bener-2 sehat
(ngga' bengkak lagi gusinya). Setelah itu saya baru ganti pake' sikat gigi.
Di sini sih saya pakai sikat gigi anak-2 Oral B dan Colgate, dan odolnya
pake' odol bayi Baby Orajel dan Gerber (mudah-2an di sana ada ya...). Odol
tsb tdk mengandung fluoride, jadi aman untuk bayi (bisa ditelan, karena
bayi/anak kecil belum bisa spit up -- kumur dan meludah)

Sekedar tips, meskipun baru gigi depan yang tumbuh, waktu menyikat gigi
sebaiknya gusi belakang juga disikat, ini sekalian membiasakan menyikat
seluruh gigi di mulut (nantinya kan bakal keluar geraham juga toh...), trus
satu lagi lidah juga perlu disikat (dibersihkan). Anak saya sekarang 15
bulan, karena terbiasa gosok gigi, jadi sekarang gampang banget buat gosok
gigi.

O iya tips lain, saya punya sikat gigi cadangan yang bisa dia pegang (dan
boleh digigit-gigit ampe' jebol... :-) ), jadi pas saya sikat giginya, dia
bisa mainan pake' punya dia, abis itu biasanya dia ikutan sikat gigi sendiri
(tapi lebih sering sikatnya dikunyah dari pada dipake' menyikat giginya....
) he..he...namanya juga anak-anak.

Iya deh, moga-2 sharing saya bermanfaat.
Selamat menggosok gigi si kecil!

regards,
Quinike