Buat Mamanya Alfons,

     Memang kalau bayi minum pake dot, pasti lidahnya ada bekas susu
     (putih) tidak seperti yang minum ASI.

     Pengalaman saya :

     Pertama, bisa di bersihkan pake kain kasa dengan madu, caranya:
     bungkus  madu 1 sdt dengan kain kasa tipis terus masukkan di mulut
     bayi agar bisa di isap seperti ngisap dot, sampe madunya habis. Kita
     lihat, sisa susu nempel di kain kasa.

     Kedua, selesai minum susu, berapa menit kemudian (yah kira-kira 10 -
     15 menit) kasih minum air putih (pake dot), pasti hilang, karena
     langsung dibersiin dengan air putih.

     Kalau dibersiin pake kain kasa, sakit dong, kasian, tentu bayi
     ketakutan.

     Kalau sikat gigi, yah tentu bisa dipake kalau bayi sudah punya gigi,
     bisa juga pake cotton buds. Sikat giginya di siram aja pake air panas,
     ndak akan lumer.

     Semoga pengalaman saya ini bisa di coba dan bermanfaat.

     Salam manis,

     Omanya DJ.