Diambil dari situs pdpersi
ILMIAH POPULER
Kencing Manis
(Diabetes)

Suatu gangguan dari pankreas, organ yang biasanya menghasilkan insulin.
Diabetes tidak bisa disembuhkan tetapi bisa dikontrol dengan pengobatan
seumur hidup. Terdapat dua tipe diabetes yaitu Tipe I dan Tipe II. Dibetes
Tipe I memerlukan insulin dan terjadi pada anak-anak, dan pengobatannya
memerlukan suntikan insulin. Sedangkan diabetes Tipe II tidak tergantung
pada Insulin, terjadi pada dewasa, dan biasanya dikontrol dengan diet, olah
raga dan obat anti diabetes.

----

GEJALA
Kencing dalam jumlah banyak siang dan malam hari
Rasa lapar yang berlebihan
Berat badan menurun meskipun tetap enak makan
Lemah, lesu
Luka sukar sembuh, infeksi kulit yang berulang, gatal-gatal disekitar alat
kelamin luar
Kesemutan terutama daerah kaki

PENYEBAB
Tidak diketahui dengan pasti. Diabetes timbul karena pankreas tidak
menghasilkan/terlalu sedikit menghasilkan insulin atau bila kerja insulin
tidak normal.

KOMPLIKASI
Kehilangan kesadaran
Tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kerusakan ginjal
Gangguan ketajaman penglihatan, buta

YANG DAPAT ANDA LAKUKAN
Periksa dokter
Ikuti diet rendah gula seumur hidup
Turunkan berat badan bila kelebihan berat badan
Olahraga secara teratur
Minum obat resep dokter secara teratur
Pantau kadar gula darah/urin setiap hari
Periksa kesehatan umum secara berkala
Periksa kesehatan kaki secara teratur

TINDAKAN DOKTER
Memastikan diagnosa
Memberi resep obat anti diabetes
Melatih cara memantau kadar gula
Mengawasi timbulnya komplikasi dan mengobatinya

Salam,
Papanya Joey