Mbak Quinike,
Sekedar sharing aja ya mbak berdasarkan pengalaman
pribadi.  Mungkin benar kalau dikatakan diabetes
adalah penyakit turunan.  Kalau ngga' salah sich
biasanya yang beresiko tinggi adalah anak-2 dengan
hitungan ganjil.  Misal anak ke 1,3,dst. Orang tua
ayah saya adalah pengidap diabetes dan anak-2nya yang
nomor 1,3,5,7 semuanya positif diabetes (termasuk ayah
saya yang nomor 1).  Kebetulan atau bagaimana saya
juga ngga' ngerti.  Selain itu anak yang mempunyai gol
darah yang sama dengan ortu yang diabetes juga
termasuk dalam resiko tinggi.  Oleh sebab itulah
sekarang saya mengurangi mengkonsumsi makanan kadar
gula tinggi, resikonya besar sich ... termasuk anak
saya.

Tanda-tandanya sich biasanya kalo luka susah sembuh,
makannya banyak tapi semakin kurus, gampang capek,
tubuh lemas ... Sekarang ayah saya diet ketat, dan
setelah diet badan beliau mulai berisi lagi.

Diet yang saya tahu ya mbak, mengurangi semua yang
mengandung kadar gula seperti gula, nasi, kentang,
singkong, kue-2, dlsb.  Wah, daftarnya panjang dech.
Tapi tetap saja mengkonsumsi gula itu penting, hanya
kadarnya aja yang dikurangi.

Itu aja sharing dari saya.

Salam,
Ibunya Syafa