> Dear Netters,
> Saya baru mempunyai bayi laki-laki, umur 1 bulan....bayi saya ini sering
> sekali
> "gumoh".

Dear Pak Ito,
yang terjadi pada anak bapak ternyata sama dengan yang terjadi pada anak
saya dulu. Waktu masih umur di bawah 7 bulan, dia sering banget gumoh
(muntah), padahal mimik dan maemnya udah diatur kemiringan badannya, yang
atas lebih tinggi dari yang bawah, udah di tepuk-tepuk sampai sendawa,
bahkan terkadang dia juga gumoh saat bersendawa. Padahal dia kelihatan
lincah-lincah saja, bahkan terkadang malah kelihatan lega sehabis gumoh.
Kata DSA nya juga nggak papa, kemungkinan besar karena pencernaannya belum
tumbuh sempurna, masih ada daerah di jalan pencernaan yang masih terlalu
sempit (bawaan sejak lahir). Suatu saat jalan itu akan terbuka lebih lebar
dan anak saya tidak akan mudah gumoh lagi. Suatu malam dia gumoh hebat, saya
bawalah dia ke RS (jam 01.00). Sama dokter RS diperiksa, katanya baik-baik
aja. Dokter memberikan resep obat Primperan Drops, untuk melancarkan sistem
pencernaannya. Itupun baru boleh diberikan kalau anak saya gumoh hebat, dan
sebisanya jangan terlalu sering diberikan. Penyebab gumoh saya tanyakan, dan
jawabannya ternyata persis sama dengan DSA saya. Tetapi, kalau ternyata sama
sekali tidak ada makanan yang bisa masuk, (kalau setiap dimasuki langsung
keluar semuanya, tidak ada yang sempet masuk) berarti boleh dicurigai
terjadi penyumbatan/penutupan saluran pencernaan. Kalau hal ini terjadi,
terpaksa anak saya harus dioperasi. Wow, seram ! Dokter menasehatkan untuk
memberikan minum sedikit demi sedikit (berjarak, nggak langsung banyak),
terus di sendawakan (jawa = di "grog"). Sepulang dari RS nasehat dokter kami
laksanakan. Primperan hanya saya pakai satu-dua kali, selebihnya saya
memilih memberikan minum susu sedikit demi sedikit, setelah saya amati,
ternyata gumohnya berkurang. Alhasil, anak saya sekarang tumbuh sehat (usia
13 bulan), bobot 13,5 kilo (normal). Sekarang dia jarang sekali gumoh, malah
sudah mulai makan nasi. Kalau pas kenyang terus batuk saja dia gumoh. Well
sekian dulu sharing dari saya, semoga bermanfaat.