Dear Mbak.....
Saya mo ikutan sharing, nih. Saya juga baru ngelahiri anak kedua 4 bulan
lalu. Seminggu setelah melahirkan saya rasa jahitannya sudah cukup enak.
Malah 2 minggu setelahnya saya udah bisa nyupir.

Untuk masalah mulai berhubungan kembali dengan suami (biasanya setelah 40
hari dan setelah post partum check up), ini memang ada rasa takut. Karena
ada perasaan sakit bekas jahitan itu. Dan umumnya ibu yang masih menyusui
juga kurang mengeluarkan cairan pelicin itu. Maaf, ya.....kalo agak sedikit
vulgar. Tapi ini penting banget, kan. Dan dari pengalaman anak saya
pertama, oleh dokter kandungan, saya dianjurkan untuk menggunakan KY Jelly
untuk pertama kali berhubungan. Jelly ini gampang banget didapat. Biasanya
diapotik-apotik juga tersedia. Umumnya dokter kandungan juga menggunakannya
untuk periksa dalam.

Moga-moga dapat membantu, deh.

Ika