Pak Adi, sekalian juga buat Mbak Merry,
masalah dibangunin ini tergantung sama usianya.
Kalau si bayi masih kecil, dimana memang membutuhkan mimik asi stp 2-3 jam,
memang malah harus dibangunkan.
Yang kita omongin kemarin, kya'nya u/ usia > 1 th ya...
Biasanya anak 1 th ke atas, waktu tidurnya sudah terjadwal (bisa diketahui).
Mis. ada yang nap time-nya 2 kali sehari, ada yang sekali sehari. Anak umur
1 tahun seharinya perlu tidur sekitar 14 jam.
Seperti anak saya misalnya, dia tidur siang sekitar jam 2 atau 3, untuk
tidur at least 2 jam. Dan kalau malam dia bisa tidur 10-12 jam.
Pada saat-2 seperti itulah kalau bisa tidak diganggu tidurnya.
Cuman anak saya, kalau pagi jam 6-an, biasanya bangun sendiri, ngecek,
apakah mamanya masih ada di sebelahnya :-) trus bobok lagi, bangunnya siang.
Kira-kira begitulah. Tapi inget lho, buat anak bayi yang masih 100%
tergantung sama asi/susu formula (belum kenal solid food), memang harus
dibangunin kalau jam minumnya.
Gitu aja ya....

best regards,
Quinike