Mo sharing nih....

John kebetulan dapet pengasuh yang telaten sekali, jadi sejak sekitar umur 6 bulanan
John udah engga pernah pup di celana/pampers lagi. Untuk urusan pipis, John berusaha
dipipisin / diajak ke kamar mandi sebelon dia pipis. Biasanya sehabis mandi, habis
bangun tidur dan habis minum susu John akan sering sekali pipis...bisa tiap 5-10
menit, setelah itu biasanya berkisar 1/2 jam sekali. Demikian terus dilatih (kecuali
saat tidur John masih tetap pake pampers). Umur setaon John udah bisa kasih tanda kalo
pengen pipis, yaitu pegang-pegang bagian depan celananya. Kadang-kadang masih
kebobolan, celananya udah basah sedikit, tapi engga pernah sampai bercucuran ke lantai.

Umur 1,5 taon John betul-betul bisa lepas dari ngompol (kecuali bobo malem masih pake
pampers)....juga saat bepergian. John udah bisa bilang mau pipis. Malah sekarang (2
taon) John udah bisa pipis sendiri....mungkin karena anak lelaki lebih gampang
ya...kalo pengen pipis ya dia ke kebun di belakang rumah...kalo ke kamar mandi sendiri
saya belon kasih...takut malah kepeleset...lagipula pintunya selalu tertutup rapat.

Kalo malem juga...tiba-tiba saja suatu waktu sebelon hutnya yang kedua...John  bisa
tau kalo pengen pipis, dia akan bilang 'pipis' walaupun matanya sih merem aja.

Oh ya, kalo untuk bepergian dan malam hari, saya selalu sediakan tempat tissue gulung
dari plastik yang tutupnya udah saya singkirkan sebagai tempat pipisnya John....anak
laki kan lebih gampang nampung pipisnya. Dia juga suka kok pipis di pot nya yang
berwarna-warni itu.

Kayaknya kuncinya ya kita musti telaten dan sabar...lama-lama si kecil akan mengerti
dan merasa engga betah sendiri kalo pipis dimana-mana. Saya bersyukur sekali punya
pengasuh yang begitu telaten...sekarang ketelatenannya itu terasa sekali
manfaatnya...kami tidak pernah repot membersihkan bekas ngompol John, cucian juga jadi
sedikit, bisa hemat uang engga beli pampers, mau pergi juga engga repot.

Wah, sorry nih jadi kepanjangan...saya rasa ilmunya si pengasuh saya itu bisa
diterapin deh. Oh ya, saya rasa dengan memarahi anak masalah engga terpecahkan.

Selamat mencoba !

Mama John.

--

On Wed, 23 Aug 2000 09:57:01
 mandrian wrote:
>Dear Ibu Hanny-Mama Ticia dan Pak Davie,
>
>Saya kagum dengan putra-putra Ibu dan Bapak. Masalahnya anak saya sudah
>nyaris 2 tahun (kurang 1 minggu). Masih ngompol sesukanya. Baik saat bangun
>maupun tidur.
>
>Sebenarnya saya sudah berusaha mendidiknya tapi kok kayaknya enggak
>berhasil yaa ...
>Cara saya, dengan menegur : Lho enggak boleh yaa ..pipis disini ...lalu
>kami tunjukkan di kamar mandi atau di toilet plastiknya dia atau bisa di
>belakang rumah (3 alternatif).
>
>Sekarang saya menegurnya : Lho sudah sekolah dan umurnya 2 th kok masih
> [...]

Send your favorite photo with any online greeting!
http://www.whowhere.lycos.com/redirects/americangreetings.rdct