Terima kasih ya Mb Evi atas sharingnya, anak putri saya umurnya 22 bulan

Thanks
Mamanya nadya

                -----Original Message-----
                From:   Evi [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
                Sent:   Friday, August 25, 2000 8:19 AM
                To:     [EMAIL PROTECTED]
                Subject:        RE: [balita-anda] sapih

                Mbak Witra,
                Purtinya umur berapa ? apa sudah 2 th ?
                Putri saya 2 th 4 bl saat ini juga sedang dalam proses
sapih. Tadinya juga
                susah banget. Kondisinya sama dengan putri embak. Kalo malem
terbiasa dengan
                ASI, jadi ya repot juga. Pernah saya kasih kayu putih di
puting saya...eh
                cuman dapet 4 hari, dianya inget ke ASI lagi. Udah gitu kalo
malem rewel
                banget minta ASI. Nangisnya sampe sejam. Akhirnya saya
enggak tahan dan
                kasihan ya dikasih ASI lagi. Saya putus asa.
                Nah kebetulan minggu kemaren itu saya dapet tugas dari
kantor utk pergi ke
                Medan selama 4 hr. Saya terima aja tawaran itu sekalian
nyapih anak. Saya
                tegain aja pergi ke Medan. Memang pas hari pertama dan kedua
saya tinggal
                rewel pas malemnya. Gendongan terus sama pengasuhnya. Untung
pengasuh dan
                suami saya sabar. Pas saya kembali ke Bandung, dia inget
lagi dengan ASI,
                tapi saya dan suami sudah sepakat utk nyapih. Lagian ASI nya
sudah basi.
                Akhirnya saya tegain dan berdoa semoga tega dan sabar
menghadapi rewelnya
                anak saya. Kalo mau tidur, dia cuman pegang-pegang rambut
saya, terus tidur.
                Kalo lagi baik ya baik, tapi kalo lagi ngadat ya rewel
banget. Nangis sampe
                matanya bengkak, saya diemin aja enggak saya kasih ASI tapi
tetap saya
                gendong sampe tidur. Begitu selama ini yg saya lakukan.
                Mbak, kayaknya mesti siap mental dulu kalo mau nyapih. Harus
bener-bener
                tega dan konsekuen antara embak dan suami. Kalo lagi inget
ke ASI usahakan
                utk dialihkan ke yg lain, misalnya diajak main atau dikasih
makanan. Berikan
                juga pengertian kalo ASInya buat adik, atau sakit atau habis
atau apalah
                terserah embak.
                Atau kalo embak mau coba kasih bratawali (yg pait banget) di
putingnya.
                Masalahnya ada yg sekali coba berhasil ada juga yg gagal
kaya saya ini.
                Silahkan dicoba dulu....inget harus tega....mudah-mudahan
berhasil
                ya....saya udah dapet 5 hari lho....