From: "Silvi Tirawaty" <[EMAIL PROTECTED]>
Masalah yang saya hadapi sekarang ini, anak saya (1,5 tahun) sulit sekali
disapih sementara kebiasaan menyusu dia sambil menggigit 'kalengnya' susu
sampai kadang berdarah. Sudah hari kelima ini saya mensapih tapi tiap malam
dia 'ngamuk' terus sampai ganggu tidur seisi rumah dan tetangga. Harus
bagaimanakah saya? sementara sulit banget anak saya mau minum susu botol.

Tommy:
Dulu anak saya waktu mau disapih juga ngamuk-ngamuk, akhirnya karena
kasihan, mamanya berikan lagi "kalengnya". Lalu diakalin dengan cara lain,
yaitu pada "tutup kaleng" diolesi dengan obat yang pahit-pahit (semacam pil
kina). Nah, sewaktu dia menyusu, dia pasti kepahitan, nah pada waktu itu
dibilang bahwa susunya sudah rusak, jadi nanti bisa sakit perut.
Eh... ternyata mujarab, setelah 2-3 hari, dia stop sendiri dan setelah itu,
setiap dia mau bobo, dia selalu mengalihkan perhatiannya kepada saya. Dia
menghindar dari mamanya dan bermain dengan saya sampai dia kelelahan dan
tertidur.

Saran saya, jangan memberikan susu botolan pada anak yang akan tidur, karena
nanti giginya bisa keropos. Kecuali setelah minum, dia bisa kumur-kumur
terlebih dahulu baru tidur.

Regards