pak pudji nulis :

> apa betul bu Rie terkena cacar air dua kali....(saya tanya juga waktu ke
> DSA, katanya sih memang bisa terkena lagi
> cuma persentasinya 1 persen) kalau boleh tahu bagaimana kondisi sekitar
anda
> waktu tertular u/ yg kedua kalinya...

pak pudji,

saya juga termasuk orang yang terkena cacar air 2 kali :) pertama kali kena
saya masih anak-anak, sekitar kelas 1 SD, kata ibu saya. jadi saya udah
nggak ingat gimana rasanya dulu. yang ke-2 baru-baru saja, kira-kira setahun
yang lalu. pangalaman setahun yg lalu itulah yang sempat saya share ke
bapak. cuma menurut analisa dokter kulit saya, hampir tidak ada (ya mungkin
cuma 1 % tadi) orang yang terkena cacar 2 kali, KECUALI JIKA keadaan
tubuhnya rentan penyakit sekali. mungkin pas saat itu, saya lagi kecapekan
aja, jadi tertular lagi. atau analisanya, pas kecil dulu saya kena cacar
airnya tidak "total", jadi sistem kekebalan tubuh saya belum memproduksi zat
penangkalnya secara sempurna. so, ada kemungkinan tertular kembali untuk
kedua kalinya.

gitu aja sharingnya, moga tania & mbak anda cepat sembuh.