Mbak Mila,
Pada waktu saya hamil, dokter kandungan saya tidak pernah menyarankan apapun
tentang test di atas. Kemudian pada waktu melahirkan ternyata anak saya
lahir meninggal (meninggal di saat jalan lahir bukan dalam kandungan).

Karena penasaran saya ganti dokter, dan banyak menyarankan agar saya periksa
ke RS YPK Menteng dengan Dr. Eka Rusdianto dan pada waktu itu beliau
menyarankan saya untuk test TORCH . Karena Dr. Eka juga adalah dokter
konsultan di RSCM, beliau memberikan pertimbangan untuk mengambil test
tersebut di MAKMAL UI, yang biayanya Rp. 650,000 (pada waktu itu November
1999). Test TORCH saya tersebut meliputi : Toksoplasma, Rubela, Sitomegalus,
Herpes Simpleks I, Herpes Simpleks II, Klamidia Trachomatis dan Mikoplasma
Pneumonia. Test TORCH normal mungkin tidak selengkap test yang saya jalani
mengingat kasus yang saya alami.
Hasil test akan selesai dalam waktu 10 hari kerja.

Selang beberapa hari setelah pengambilan darah di MAKMAL UI, saya datang ke
Prodia untuk test kesehatan lainnya, dan iseng2 saya tanyakan berapa harga
test TORCH(selengkap 7 virus di atas), yang dijawab dengan Rp.
850.000-900.000.
Untuk harga test tsb di RS YPK sendiri saya kurang tahu (yang pasti lebih
mahal dari MAKMAL ya, MAKMAL bisa semurah itu karena kerjasama dengan WHO)

Semoga informasi tsb bisa berguna.
Salam, Ita

Kirim email ke