umi LSM wrote:

> Dear netter,
> Saya punya masalah nich mohon disharing ya?Dulu waktu izhar berusia satu
> bulan setengah ,mertua saya sudah memberikan bubur dari beras sebagai
> makanan tambahannya.Mulanya saya menolak dari segi logika .Tapi karena sudah
> tradisi jadi saya mengalah , karena logika tak berarti dibanding
> pengalaman,dan buktinya keluarga suami sehat- sehat aja demikian  juga
> dengan anak- anak daerah tersebut.

Pencernakan anak tidak sama bu. Nah 4bulan itu ideal rata-ratanya. Begitu kata
dokter.

> [...]
> tradisi lama saya lanjutkan lagi barulah kemudian izhar tenang . namun di
> usianya yang sekarang menjelang 4 bulan , izhar jadi rewel sekali, kelihatan
> kalau perutnya keras dan BAB nya paling cepat 30 jam sekali malah sering 2
> sampai 3 hari kemudian baru Bab. saya cemas sekali kalau melihat izhar
> mengejan sampai mukanya kehitaman . kotorannya putih dan keras sekali. Aduh
> gimana ya ? Saya udah komplain ke mertua dan sebagai solusinya mertua saya
> minta saya membungkus perut izhar dengan daun jarak . Apa hubungannya ya?
> Aduh apa yang harus saya lakukan? Bantu saya ya pak /bu?

Saya trus terang kerepotan, kasih saran soalnya bayinya baru 4 bulan.  Saya cuma
bilang untuk menuruti DSA anda, itu saja. Kalau bisa kasih ASI saja yang
banyak/kalau udah ndak ASI, ya Susu formula, buburnya diencerin saja . Kalau mau
Jus, coba jus alpukat.
Coba juga dengan gunakan sabun batangan yang dimasukkan ke dubur (buatlah sekecil
jari telunjuk, lalu bikin licin dengan air, jangan terlalu kecil dan jangan terlalu
besar juga),atau congkel-congkel dengan jari kelingking.
Atau kalau dengan sabun ndak berani (takut patah di dalam), ya balik kedokter lagi
aja, biasanya akan di suntik, saya pikir hal ini lebih bagus.
Soal Mertua, ya ndak usah dikomplain lagi. Daun jarak itu maksudnya mungkin dikira
anak lagi kembung , masuk angin kali. Tapi ini kan kembung karna anak gak bisa BAB.