Bu, sebaiknya usia dibawah 4 bulan, bayi jangan diberi makan bubur beras dulu, mungkin secara bertahap mulai usia 4 bln keatas, bayi baru diberi makan tambahan. Biasanya DSA menyarankan makanan tambahan adl. pisang, pepaya, tomat. dan buburnya adl. bubur susu. Tapi kalo Izhar sudah terlanjur diberi bubur nasi, yah.....?????. Terus u/ BAB sulit, anak saya juga pernah mengalami hal spt itu, mungkin ibu bisa ikuti cara-cara saya dulu : - pertama-tama u/ membantu mengeluarkan, ibu bisa memberi bantuan dengan sabun yg dipotong kecil (mjd mirip dgn ujung pensil), dilumuri baby oil, kemudian (maaf) ditusukkan pelan ke anus, jangan dimasukin semua, hanya ujungnya saja..sampai keluar BAB nya. - Jangan memberi susu terlalu kental, sebaiknya u/ beberapa hari ini susunya agak diencerkan (mis. 1 sdk susu : 40 CC air), hal ini berlanjut sampai BABnya normal. - Perbanyak berikan minum air putih - Berikan jus buah pepaya, dan hindari pisang (pisang akan menambah keras feses). Nah, selamat mencoba, semoga berhasil. -----Original Message----- From: umi LSM [mailto:[EMAIL PROTECTED]] Sent: Monday, 18 September, 2000 12:12 PM To: [EMAIL PROTECTED] Subject: [balita-anda] Susah Buang air besar Dear netter, Saya punya masalah nich mohon disharing ya?Dulu waktu izhar berusia satu bulan setengah ,mertua saya sudah memberikan bubur dari beras sebagai makanan tambahannya.Mulanya saya menolak dari segi logika .Tapi karena sudah tradisi jadi saya mengalah , karena logika tak berarti dibanding pengalaman,dan buktinya keluarga suami sehat- sehat aja demikian juga dengan anak- anak daerah tersebut. Namun DSA anak saya marah begitu tahu hal tersebut dan meminta segera ganti ke minuman susu aja karena khawatir pencernaan izhar terganggu. . kemudian saya coba ganti ke minum susu aja (non- ASI) tapi izhar jadi rewel akhirnya tradisi lama saya lanjutkan lagi barulah kemudian izhar tenang . namun di usianya yang sekarang menjelang 4 bulan , izhar jadi rewel sekali, kelihatan kalau perutnya keras dan BAB nya paling cepat 30 jam sekali malah sering 2 sampai 3 hari kemudian baru Bab. saya cemas sekali kalau melihat izhar mengejan sampai mukanya kehitaman . kotorannya putih dan keras sekali. Aduh gimana ya ? Saya udah komplain ke mertua dan sebagai solusinya mertua saya minta saya membungkus perut izhar dengan daun jarak . Apa hubungannya ya? Aduh apa yang harus saya lakukan? Bantu saya ya pak /bu? salam Bunda izhar >> Kirim bunga ke-20 kota di Indonesia? Klik, http://www.indokado.com >> Info balita, http://www.balita-anda.indoglobal.com Etika berinternet, email ke: [EMAIL PROTECTED] Stop berlangganan, e-mail ke: [EMAIL PROTECTED]

Kirim email ke