Hi Mbak Dini...
rupanya kasus kita sama... anak saya ngga' mau nyusu selain lgsg dari
mamanya! Payah memang... sampai segala macem dot/nipple dan segala jenis
susu (tmsk asi pumped) dicobain, hasilnya nihil.
Tapi pas usia 1 tahun, ya saya rada paksain untuk minum susu. Berhubung
anak saya doyannya jus jeruk, saya campurin susu dikit demi sedikit..
he..he... kena trick dia! Sekarang jadinya dia minum susu + orange juice.
Akibat yg kelihatan sih ya memang si anak jadi kecil. Sehat? Wah, tetep
sehat sekali tuh! Kecilnya krn she lost her baby fat too fast. Kan bisa
dibilang ASI tuh lemaknya sedikit, ngga' sebanyak susu formula.

Rencana saya....kalau punya anak lagi, sejak bayi saya mau kenalin sama
dot! Ihik... biarin... biar ngga' kurang susu spt Alex. :-) Tapi meski
pakai dot, rencananya sih mau dikasih ASI pumped sih! Moga-2 lancar...

Bener lho, dr pengalaman pertama itu, saya pengen mengubah pola menyusui
untuk anak kedua (kapan ya??).

Btw, anak Mbak yg ke-2 skr umur berapa? Trus ada efeknya ngga' dikasih asi
langsung dan ngedot? Soalnya temen saya, katanya anaknya bingung, kalau
udah dikasih botol, trus ngedot asi-nya jadi kacau. Gimana dg anak ke-2
Mbak Dini?

rgds,
Quinike