Dear mbak Silvi,

Saya kebetulan juga punya dua bayi: perempuan umur 22 bulan dan laki-laki umur 5
bulan. Saya dan istri sepakat untuk mengenalkan bahasa asing (Inggris) kepada
anak-anak kami sejak mereka lahir. Saat ini anak pertama saya sudah mulai
mengerti sejumlah kata-kata bahasa Inggris dan sudah memakainya. Misalnya, ia
akan berkata "No!" untuk hal-hal yang dia tidak mau atau tidak suka. Dia juga
sudah mengerti kalau kita bilang, "Please close the door!", ia akan langsung
menuju pintu untuk menutupnya.

Namun, karena waktu kami terbatas (hanya hari Sabtu dan Minggu bisa full time
dengan anak-anak kami), saat ini perbendaharaan kata Indonesia si sulung yang
didapat dari baby-sitter jadi lebih banyak dibandingkan bahasa Inggris. Kami
harus balapan dengan si baby sitter, karena dia tidak bisa bahasa Inggris sama
sekali, bahkan kadang-kadang mengajarkan bahasa Jawa kepada anak kami.

Tapi kami tidak pernah berhenti untuk terus men-drill penggunaan kata-kata
bahasa Inggris dalam dialog kami dengan anak kami. Pada saat dia bilang "mimi"
ketika haus, kami bertanya "Are you thirsty?" atau "Do you wanna drink?".

Dengan cara ini si anak jadi belajar dua bahasa sekaligus. Dan menurut kami, si
anak tidak bingung. Namun, kalau lebih dari dua bahasa tentu saja si anak akan
menjadi bingung.

Selain itu, kami pun berencana untuk mengenalkan bahasa German (yang sederhana,
karena saya tidak begitu fasih berbahasa German) kepada anak saya . Tapi ini
akan kami lakukan nanti setelah anak kami umur 3 atau 3.5 tahun, sampai
pemahaman bahasa Inggris-nya sudah mulai sempurna, dan perbendaharaan
kata-katanya sudah cukup banyak. Otherwise, she will be confused... Madame.

Demikianlah pendapat dan sharing dari saya. Mungkin ada rekan netter lain yang
mau bagi pengalaman?

Thanx,

Papanya Raiza & Renzo
The information transmitted is intended only for the person or entity to which
it is addressed and may contain confidential and/or privileged material.  Any
review, retransmission, dissemination or other use of, or taking of any action
in reliance upon, this information by persons or entities other than the
intended recipient is prohibited.   If you received this in error, please
contact the sender and delete the material from any computer.

### FREE DOMAIN [.COM|.NET|.ORG *] >> http://www.indoglobal.com << ##