Wah Pak Basuki lagi kewalahan yach sama anaknya. Sama kok pak setiap balita
memang gitu sampai2 ibu saya punya moto; Masih kecil ngegemesin, udah gedean
ngeselin.
Kalo anak saya Hana (22 bulan) juga suka ngamuk dan heboh banget. Dan biasanya
saya cari tau penyebabnya. Apa karena panas, bosen atau juga ngantuk. Umumnya
alasan dia ngamuk cuma itu. Dan kadang2 suka nangis dijadikan senjata kalo tidak
diperbolehkan sesuatu. Misalkan kalau dia lagi asyik main, nggak akan mau diajak
mandi. Kalo dipaksa mandi bisa ngamuk dan nggak mau pake baju hingga sejam.
Disamping itu dia sudah pinter milih2 mau pake baju yang mana, sampai kaos kaki
dan sepatunya yang matching katanya. Kalo tidak dituruti bisa ngamuk berat.
Biasanya kalo ngamuk cuma saya yang bisa ngatasin dan memang dia tidak mau
dipegang orang lain kecuali saya. Selama ini tips2 yang saya lakukan dalam
menghadapi dia misalnya supaya dia tidak bosan di rumah pagi2 sebelum kerja suka
saya ajak jalan2 di dekat rumah. Atau juga kalau saya mau beli buah (seminggu
sekali) suka saya ajak dia ke supermarket dekat rumah atau saya ajak LLD
(liat-liat doang) ke department store dekat rumah juga. Tidak selalu dia saya
ajak ke tempat yang mewah, nanti kebiasaan. Kadang2 saya ajak juga ke pasar dan
tidak selalu naik mobil atau taksi kadang naik bis. Walaupun cuma pergi 1/2 atau
1 jam dia udah senang dan kalau hatinya senang biasanya nurut disuruh makan,
mandi dan lain2nya.
Kalau masalah ingin sesuatu dan tidak saya penuhi dan ngamuk suka saya alihkan
perhatian dengan yang lain misal dengan ajak baca buku, joget, setel lagu
kesayangan dia, lompat2an, atau nonton TV. Memang sich suka susah ya tapi lama2
bisa reda tuch. Dan kalau dia tidak mau dikasih tau biasanya saya pura2 tinggal
dia dikamar sendiri dan lampunya dimatikan. Biasanya dia langsung takut dan
walaupun masih nangis suka nggak ngamuk lagi. Selama ini senjata saya suka ampuh
juga kalo dia sudah mulai ngamuk suka pelototin biasanya dia takut jadi diam.
Terus ada sedikit input dari ibu saya kalo dia ngamuk berat suka saya gendong
dan bacakan dia ayat kursi (untuk muslim). Tips ini cukup ampuh bagi ibu saya
yang ngurusi 9 anaknya dengan berbagai macam polah.
Selain itu yang paling berbahaya dia suka sekali duduk dipangkuan papanya kalo
lagi nyetir. Biasanya sich kalo ini tidak dituruti dan saya biarkan aja nangis
sambil berontak. Umumnya kalo dia udah cape akan berhenti sendiri.
Selama ini saya tidak terlalu keras dengan Hana. Saya tidak pernah teriak2 ke
Hana kalau saya marah dengan dia dengan suara yang lemah lembut misal dede
sayang nggak boleh gitu dong nggak baik begitu. Setiap saya bicara dengan dia
kalo sedang baik dengan Hana/dede sayang dan kalau lagi nakal buanget saya
panggil dia Hana jelek. Dan biasanya kalau dia ngeh dia jadi manis lagi, dia
nggak mau dibilang jelek.
Kalau masalah dikerasin ada efek baik dan buruknya. Terus terang orang tua dulu
tidak keras mendidiknya kita anak2nya dibikin kaya' layangan alias tarik ulur
dan alhamdulillah semua2nya oke2 aja.  Saya pikir ada juga pengaruh dari anak
sendiri. Sebenarnya saya ini termasuk yang paling dimanja oleh ayah saya, tetapi
tidak berakibat jelek karena dari diri saya ada kemauan untuk tidak menjadi
jelek. Teman saya ada yang cukup keras didikan ortunya, hasilnya dari segi
akademik dia termasuk pandai tetapi sosialisasinya tidak bagus sekali karena
terlalu percaya diri.

Wah jadi kaya cerpen. Segitu aja dech sharing saya semoga membantu.

Salam

Intan

Basuki Rahmat <[EMAIL PROTECTED]> on 10/19/2000 04:07:38 PM

Please respond to [EMAIL PROTECTED]