tanya aja sama dokternya, mbak !
apakah ini antibiotik ?
kalo dia baik akan menjelaskan,
tetapi bisa juga dia tersinggung,
dan semestinya kita boleh juga menanyakan alternatif lainnya,

setahu saya,
antibiotik adalah obat yang paling sering digunakan oleh dokter sekarang,
terutama dokter-dokter muda,
karena dugaan bahwa banyak penyakit ditimbulkan oleh mikroba,
maka harus dilawan dengan anti-nya antibiotik,
maka sakit apapun di-tembak pake antibiotik sebagai peluru pertama,
istilah lain di-bom (pemberian obat dengan dosis berlebih).

dan biasanya memang sembuh,
kalau itu tidak sembuh, barulah dicari penyebab lainnya,

pola ini digunakan oleh banyak dokter (yang dokter muun tanggapan !),
dengan asumsi bahwa pasien hanya perlu dokter sekali saja,
dan maunya langsung sembuh,
makanya dokter akan ngetop bila pasien sekali datang langsung sembuh,

pengobatan itu tentu saja hanya baik untuk jangka pendek,
sedangkan untuk jangka panjang,
akan memungkinkan timbulnya kebebalan (?) pada tubuh,
karena sudah terbiasa dosis tinggi,
dosis kecil tidak akan mempan.....

itu yang saya yakini hingga saat ini,
muun pencerahan juga dari yang lain,