Mbak Dwi,

belum tentu kalo kita ambil BS, maka bisa lancar semuanya, karena ada juga BS
yang bikin sakit kepala ! Apalagi kalo yayasannya tidak memberikan pendidikan
yg. bener2 ttg. cara mengasuh anak buat si BS. Katanya saja BS, tapi nggak
kapabel dalam tugasnya... nah keluhan semacam ini banyak juga loh Bu. BS juga,
meskipun sudah pengalaman, tetap harus kita bimbing, karena sistem di rumah
kita bisa jadi sangat berbeda dgn. pengalamannya sebelumnya... Kelebihan BS
dibanding PRT, mereka sudah diajar sebelumnya ttg. menangani bayi...he-he...
soal mereka bisa menyerap dan mempraktekkan pelajaran dgn. baik...wah.. itu
sih soal lain... Ada juga PRT biasa yang memang telaten mengurus anak-anak,
bisa berfungsi sama atau  jauh lebih baik dari BS.

BS memang biasanya tidak membantu2 sampai urus taman. Lagian, apa sempat ?
Lalu, nggak enak ah Bu... dia pegang2 tanah, lalu nanti pegang2 bayi... Takut
ada parasit / virus / kuman yg. keikut meskipun sudah cuci tangan... Sebelum
saya dapat PRT, BS saya ikut membantu urusan RT juga, ikut menyapu mengepel,
cuci piring, dan kadang2 masak (tapi sudah disiapkan semua, tinggal
mencampurkan saja biar cepet). Tapi tidak terus menerus, hanya sementara
menunggu si prt datang.

BS saya yg. dulu, mulai kerja waktu anak saya usia 2 bulan. Tugas :  mengurus
semua kebutuhan si anak, dari mulai bersihin boks tempat tidur bayi / stroller
bayi, cuci-setrika pakaian bayi, cuci-steril peralatan makan bayi, disamping
membantu mengasuh bayi kita (yg. ini terserah ibunya, mau dipegang sendiri,
mis. mau mandiin sendiri, nidurin sendiri, bawa jalan2 sendiri, bobo dengan
ortu dllnya, atau diserahkan ke BSnya dan si ibu istirahat).  Tapi saya
tekankan juga, bahwa dia harus 'toleran' sama mbak yg. satunya, kalo dia lagi
luang (Ella tidur, atau sama saya), tolong bantu2 juga si Mbak. Kan tidak enak
kalo dia tenang2 saja, sementara si mbak sibuk sendiri di belakang. Tapi tugas
utamanya adalah mengurus Ella selama saya bekerja.

Haknya : biasanya sudah ditentukan menurut yayasan masing2 Bu. Kalo yayasan
saya : cuti 2x24jam dalam sebulan,  dibelikan baju seragam 1x3bl, 1x6bl. naik
gaji Rp.15rb, cuti lebaran 14 hari sesudah setahun kerja plus THR 1bl gaji,
disamping tentunya diberi makanan dan waktu istirahat yg. layak).

Saya rasa, kalo Mbak Dwi bekerja, BS mungkin lebih 'aman'. Kalau Mbak tinggal
di rumah, PRT bisa sebagai pilihan. Atau PRT yg. selama ini merawat Iqbal
pegang si kecil, dan Iqbal diasuh sama PRT yang baru.
Begitu saja sharing saya Mbak.

Salam,
Rien.