Mamanya Iqbal:

Memang pada umumnya seorang BS bertanggung jawab penuh "hanya" pada tugas &
kewajiban yg menyangkut anak asuhnya.
Tapi tidak semuanya "saklek" seperti itu.
Kita bisa lihat dari awal, apakah orangnya memang prigel atau tidak. Maksud
saya dg prigel adalah dia tidak bisa begitu saja melihat pekerjaan orang
lain terbengkalai, jadi dia akan dg cekatan ikut melakukan pula pekerjaan2
lainnya kalau bagi dia terasa tidak beres. Bisa itu menyapu, mengelap meja,
mencuci piring, memasak air, bahkan memasak makanan utk kita, dll.
Saya pernah dapet BS seperti itu dulu, yg bisa dibilang "prigel". Jadi dia
akan merasa tidak enak sendiri, bila harus duduk2 saja (meskipun pekerjaan
dia sendiri sudah beres) sementara pembantu saya masih belum selesai
memasak. Mau ngga mau dia akan ikut membantu.

BS saya yg baru juga banyak saya beri tugas "belakang". Tapi ini dg alasan
khusus, karena berhubung masih baru, anak saya belum mau diasuh oleh BS ini.
Memang anak saya sudah dekat & terbiasa dg PRT saya, yg sudah ikut lebih
lama. Jadi kalau ini kasusnya agak darurat & bersifat sementara. Untungnya
BS ini mau kok diberi tugas2 "belakang" spt itu, dan tentunya sudah saya
informasikan ke Pengurus Yayasannya, supaya tidak terjadi kesalahpahaman.

OK? Semoga bisa sebagai masukan.

Best Regards,
Diah Riyawanti