Ibu Rayhan,
kalau pengalaman saya sendiri (tahun kemarin), saya meng-qodlo puasa saya
ketika kehamilan berusia sekitar 5-7 bulan. Waktu itu saya utang puasa
sekitar seminggu. Ketika 5 bln itu kan kondisi kita udah lumayan, dlm artian
udah ngga begitu mual lagi (udah doyan makan), sementara kebutuhan si kecil
yg di dlm perut juga belum begitu banyak.
Kita bayarnya juga ngga tiap hari kok, hari Senin dan Kamis aja, itu pun
jika kondisi sedang fit.
Jadi untuk bayar yg seminggu itu saya butuhkan waktu sampai 2 bulan.
Asal jangan sampai menginjak 8 bulan, nanti gampang pusing, dedenya kan
kebutuhan gizinya udah mulai banyak.
Yg penting diperhatikan kalau mau puasa, kondisi kita harus fit dan sebisa
mungkin asupan makanan kita harus cukup.
Krn kita hanya bisa sahur dan buka, siang ngga makan, maka malem harus makan
lagi menggantikan waktu siang... alias muterin jam makan.
Waktu itu banyak temen saya yg protes, hamil kok puasa... itu sih tergantung
kitanya aja gimana.. kalau saya sendiri niatnya sekalian ngajarin anak saya
beribadah. Pas sahur kita bilangin ke calon baby bahwa hari ini kita puasa
ya.. Insya Allah anaknya ngerti dan ngga rewel.
Alhamdulillah anak saya terlahir sehat walafiat, BB 3,15 kg TB 50 cm,
sekarang Ariq udah 5,3 bln BB 7,1 kg TB 66 cm. (Cukup gede untuk ukuran saya
yg mungil).
Gitu pengalaman saya Mba, jadi kepanjangan deh... sorry kalo ada rekan
netters yg ngga berkenan.

Wassalam,
Mama Ariq