Dear Ibu Raihan,
Anak saya - Jason, pada usia +/- 6 bulan pernah mengalami hal yang sama.
Menurut dokter - dr Andry Tangkilisan, harus difisioterapi, yaitu dengan
penguapan, kemudian pundak anak saya ditepuk tepuk agar lendir keluar.
Berhubung saat itu usianya masih kecil, tidak bisa keluar, sehingga perlu
dimasukkan selang ke hidungnya untuk menyedot lendir tsb.
Memang masalah lendir itu selesai, tapi anak saya jadi trauma bila hidungnya
akan dibersihkan.
Sekarang, bila pilek, anak saya sudah dapat mengeluarkan lendir lewat mulut
(sekarang 11 bulan) dan tidak terdengar lagi suara seperti mendengkur karena
lendir.

Menurut teman saya yang anaknya juga mengalami hal yang sama, dokternya
menganjurkan agar pada saat tidur, ac dikecilkan. Dokter tsb tidak
menyarankan terapi karena anak masih kecil dan belum bisa dikeluarkan
lendirnya secara alami.

Saran saya, kalo bisa ditanggulangi dengan cara lain, lebih baik tidak
difisioterapi. Namun bila ibu tetap ingin difisioterapi, kita dapat meminta
agar diterapi oleh bagian khusus anak anak. Jason pada waktu itu di terapi
di RS Pluit.

Demikian sharingnya, kiranya dapat membantu.
Mamanya Jason.