Mbak Quinike,
Anak saya juga dulunya begitu, pemalu dan penakut, tapi saya akalin kalau
dia sudah malu ngumpet dibalik badan saya ketika ketemu orang , saya ajak
dia main ciluk-ba. Saya bilang "tuh Om/Tantenya ngajak ciluk-ba !" trus
langsung aja dia main ciluk-ba, kebetulan dia senang sekali kalau diajak
ciluk-ba. Nanti kalau sudah begitu dia baru mau diajak salaman dech.

Anak 2th  masih mau enggak yach diajak ciluk-ba ?? kalo anak saya baru 13
bln.

Salam

Teny