Mbak Pipit,
naik berapa kilo selama hamil?
Saya cerita pengalaman saya saja ya....
Saya naik 26 kg selama hamil, wuih! Setelah melahirkan, hilang 13 kg,
ngga' tahu kemana lainnya, wong anak saya cuman 3 kg beratnya.
Dari pants #2, terpaksa beli baru pants #12.
Selama menyusui, saya tetap makan banyak, jadi ya... terus saja pakai #12.
Waktu anak saya hampir 20 bulan, saya berhenti menyusui, makan tetap saja
biasa... eh, celana langsung kedodoran! Dari #12, dalam 2 minggu jadi #10,
kemudian #8, dan sekarang #6. Kya'nya memang musti tunggu waktu deh!
Selama menyusui, don't worry about your weigh, tubuh kita masih perlu
banyak energi buat mengolah dan memproduksi asi. Sepertinya hormon yg
berpengaruh besar di sini.

Teman saya, yg tdk menyusui bayinya, memang bisa langsung balik ke semula.
Yg menyusui sampai 3 bulan, begitu berhenti, kembali lagi.

Kalau Mbak mau, bisa juga minum jamu 40 hari setelah melahirkan. Tapi saya
ndak tahu, apakah jamu itu msh mempunyai pengaruh setelah 1.5 bulan
melahirkan.

Kalau saya pribadi, gemuk extra setelah melahirkan, tdk menjadi masalah...
krn... I'm proud of myself! I am a mom! That a mom should be (after
delivery). Saya rasa semua ibu-ibu juga begitu, gemuk-gemuk sedikit ndak
papa ya... yg penting kita bisa merawat diri, tetap cantik, ndak kumel di
rumah...dan anak kita sehat minum asi! Horee... Wah, sorry lho, kalau ada
yg ndak suka.... kecuali kalau kita ini foto model, sehabis melahirkan
harus kembali ke depan kamera... nah, kali itu perlu xtra kerja keras ya!

Btw, saya punya sedikit saran, biar badan kita tetep kenceng meski agak
gemukan. Jalan kaki sering2 sambil mendorong kereta bayi setiap pagi, ini
sehat buat sang ibu dan sang bayi. Di rumah, boleh aerobik sedikit bersama
si bayi. Gendong2 dan ayun2 bayi juga olah raga lho...

Yach, gitu aja deh... sorry kalau kepanjangan!

best regards,
Quinike