Mungkin ini sama seperti yang dialami anakku Vega, waktu dia umur 4 bl aku
menemukan 2 bh benjolan [dipangkal leher (ujung dalam bahu kanan) & ketiak
kanannya].
Hal itu baru aku ketahui ketika aku memandikannya saat itu benjolan tsb masih
sangat kecil.
Tapi sebulan kemudian benjolan itu makin nampak besar (anak tidak rewel dan
sepertinya tidak dirasakan sakit).
Kemudian aku periksakan ke Dsa-nya kata beliau akibat infeksi ketika imunisasi
BCG.
(Vega langsung diimunisasi BCG waktu lahir, ketika mau aku bawa pulang dari RSB
setelah lahir ternyata tidak diijinkan karena lekositnya tinggi.
Dokter yang menanganinya saat itu tdk menjelaskan apa penyebab lekosit tinggi
meski udah aku tanyakan).
Oleh dr. Purnomo Vega diberi puyer untuk 30 hari yang diminumkan setiap hari
(tidak boleh sampai lupa).
(salah satu-yang masih aku ingat-dalam kandungan puyer tsb adalah INH) dan juga
salep Terramycin Poly Topical untuk obat luarnya.
Vega diwajibkan dikontrol sehari sebelum obat habis.
Setelah aku minumkan obat tersebut dan benjolan aku olesi salep, dalam waktu 1
minggu benjolan tsb muncul mata yang didalamnya mengandung nanah.
Pengobatan tetap aku jalankan dan syukurlah dalam waktu 2 minggu benjolan
tersebut sudah meletus sendiri dan lukanya pun sudah mulai kering.

So saran saya, apapun yang kita curigai dan kita anggap tidak wajar muncul dalam
diri anak kita,  kita perlu waspadai.
Mungkin ibu bisa konsultasikan ke Dsa yang biasa menangani Bagas.
Dan jika perlu minta referensi ke Dsa tersebut kira-kira ke dokter spesialis apa
yang biasa menangani dan paham dengan benjolan tsb. Mudah-mudahan memang tidak
berbahaya.

Sekian saja sharing dari aku. Aku doakan semoga Bagas segera sembuh dan selalu
berada dalam lindungan Tuhan YME.

Mamanya Vega