Pak Doddy,
apakah selama ini istri sdh pnh USG?
Apa ada kelainan selama ini?
Kemungkinan kenapa si bayi tdk tll banyak gerak (jarang), adalah krn
memang ruang geraknya sdh semakin sempit, tapi seharusnya jk dia bgrk
sdkt, maka istri Anda akan merasakannya. Selain itu, kemungkinan
(buruknya), kondisi janin kurang baik. Ada baiknya cepat ke DSOG, periksa
detak jantung bayi, USG, dll.

Kehamilan usia 36 minggu di atas, sebetulnya sdh dinyatakan siap lahir.
Kalau pun di usia kehamilan 38 minggu, blm ada tanda2 kelahiran (kepala
turun ke ruang kelahiran, kontraksi, dll) sebetulnya tidak apa2. Saya
sendiri sama sekali tdk mengalami pre-kontraksi, sampai sehari sebelum
bayi saya lahir. Wkt usia 37 minggu, saya ke DSOG, kepala bayi pun blm
masuk ke ruang kelahiran. Bayi saya lahir di usia kandungan 40 minggu plus
3 hari.

Jadi, kalau istri blm mengalami tanda2 kelahiran, tdk perlu kuatir. Tapi
untuk memastikan kondisi janin (krn takut tdk ada gerakan, atau detak
jantung melemah -- ini krn janin stress), sebaikyna bawa segera ke DSOG.

Gitu aja Pak Doddy. Semoga semuanya baik.

rgds,
Quinike