Kebetulan dokter saya (Waluyo Sapardan) juga praktek di dua tempat itu, dan
saya sudah pernah mendatangi kedua tempat tsb untuk research pribadi...

1. Sebenarnya masalah harga sih nggak beda jauh, bahkan di RS Asih sedikit
lebih mahal, (mis; paket kelahiran normal VIP Asih sekitar 5jt'an dan PI
lebih murah sekitar 200 ribu'an) tapi yang saya liat dari harga itu kalo di
Asih harga paketnya sudah termasuk banyak hal, sedangkan di PI dengan harga
segitu kemungkinan masih banyak embel2 lain yang belum jelas..

2. Di Asih kelasnya yang paling tinggi yah VVIP, baru VIP, Kelas 1 dst,
sedangkan di PI tuh banyak banget kelas2nya, dari suite, VVIP, VIP1, VIP
baru kelas 1 dst.. jadi kayaknya walaupun kita milih VIP belum tentu dapet
pelayanan khusus, karena kan banyak yang lebih khusus.

3. Suasananya kayaknya PI tuh lebih hectic yah, karena kan memang rumah
sakit umum, bukan khusus bersalin sedangkan di Asih kelihatannya lebih
kekeluargaan dan tenang gitu.. sehingga rasanya lebih aman.

4. Selain itu dari referensi teman2 saya yang sudah melahirkan di Asih,
katanya pelayanannya juga memuaskan.

Berdasarkan hasil research itulah saya pribadi lebih memilih Asih, tapi saya
sarankan Bapak lihat sendiri ke 2 tempat itu, mungkin ada pertimbangan2
lain..