Anak saya umurnya 2.5 thn juga masih punya kebiasaan menghisap jempol,
sudah saya upayakan jempolnya saya plester, diberi obat gosok, minyak kayu
putih, dan bahkan jamu yang pahit, tapi masih juga dihisap.
Pada mulanya sih dihisap sebentar lalu dilepas, hisap sebentar lalu dilepas
tapi setelah rasa pahit atau pedasnya habis jempolnya akan dihisap terus.
Pernah 2 malam dia tidak menghisap jempol waktu dia sakit sariawan ( anak
saya paling tidak tahan rasa sakit ) tapi akibatnya dia gelisah terus dan
rewel ( terutama menjelang tidur ).
Rekan - rekan netter mungkin ada yang punya saran nich . . . untuk
menghilangkan kebiasaan buruk anak saya ini ??

thks'

                    Ummu Ayyasy

                    <[EMAIL PROTECTED]        To:     [EMAIL PROTECTED]

                    .ui.ac.id>               cc:

                                             Subject:     [balita-anda] menghisap
jempol
                    23/04/2001 16:15

                    Please respond to

                    balita-anda

salam kenal dear netters,

saya mau tanya., gimana ya caranya menghilangkan kebiasan menghisap jempol?

putra saya (8 bulan) selalu menghisap jempol, terutama kalau menjelang
tidur
(lagi ngantuk).  Saya sudah kasih dia mainan (yang bisa digigit2) tapi
tetap
aja kebiasaannya nggak bisa hilang.
Please somebody help me., soalnya saya takut kebiasaan ini akan berlanjut
sampe
dia besar nanti.

terima kasih sebelumnya..