Kebetulan anak saya (4 th) s/d saat ini juga masih ngisep jempol
hanya kadang2 jika hendak mau bobok. Kalo dilarang terkadang
malah nekad, marah/emosi bahkan gelisah. Mungkin susah2 gampang ya,
apalagi ibu/Bapaknya kerja, paling sama yang momong dan anak saya kasih
tau habis main/sebelum makan/tidur harus cuci tangan.
Namun seiring dengan bertambahnya usia anak dan terus diberi pengertian
kebiasaan ini akan berhenti. Sekarang saja jika hendak ngisep saya
kasih tau bahwa sebentar lagi mau masuk sekolah, sudah besar, malu ama
temen2, dia bisa terima dan tidak jadi. Tapi bukan berarti anak
dibiarkan tidur dengan sendirinya paling tdk saya tepuk2 pantatnya/nyanyiin/
ditemani bobok.