Pak David, kalau boleh saya coba beri usul, sebaiknya dicari tahu penyebab
asal dia suka menghisap jempol.  Karena setahu saya, menghisap jempol
merupakan salah satu cara bagi bayi ataupun balita di dalam mencari
ketenangan.  Mungkin ada hal-hal dalam kesehariannya yang membuat dia kurang
nyaman atau tenang.  Mungkin coba diperhatikan dulu apa yang mengganggu dia
secara emosi atau apa saja, saya rasa itu lebih baik, ketimbang bapak
mencoba memberi rasa pedas, pahit, asam atau apa saja kepada jempolnya....
Semoga saran ini cukup membantu.  Atau ada netters lain yang mau membantu ?!