Apakah ada obat tradisional untuk menurunkan panas?

Terima kasih
Ambu Shoofii

-----Original Message-----
From: Tri Retno Herdiana [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Tuesday, April 24, 2001 3:24 PM
To: '[EMAIL PROTECTED]'
Subject: RE: [balita-anda] panas turun naik

Menurut saya itu lazim, karena tubuh si anak sedang melawan virus/bakteri
(batuk-pilek) atau sedang memperbaiki jaringan tubuhnya yang mengalami
infeksi. Akibatnya suhu tubuh meningkat. Tapi jika penyakitnya sudah keluar,
suhu tubuh kembali normal.
Minggu lalu anak saya (umurnya sama: 1 tahun) juga mengalami kejadian
seperti itu. Jum'at sore mulai panas (38.5 derajat), dan Sabtu pagi langsung
saya bawa ke rumah DSAnya. Dikasih antibiotika (cair) dan puyer 2 macam:
obat batuk-pilek dan obat turun panas, dan harus kembali jika lebih dari 2
hari masih panas. Kedua puyer itu diminum antara 1-4 kali sehari, tergantung
kadar sakitnya. Sampai Sabtu malam masih panas (40.4 derajat), tapi hari
Minggu tidak panas, jadi saya hentikan pemberian obat panasnya. Tapi mulai
senin paginya kembali panas (sekitar 39 derajat), langsung saya beri obat
turun panasnya setiap 6 jam sekali. Hari Selasa sore suhu tubuh anak saya
mencapai 40.5 derajat, jadi saya kembali ke DSAnya (kebetulan hari itu
beliau praktek). Anak saya kembali diberi puyer berupa obat turun panas dan
obat batuk-pilek yang baru (obat turun panas yang lama diteruskan, obat
batuk-pilek yang lama dihentikan dan diganti yang baru). Kemudian selama dua
hari (sampai kamis malam) masih terus saya berikan obat turun panasnya
(walaupun sejak Kamis pagi sudah tidak terlalu tinggi (37.5-38 derajat).
Setelah suhu tubuhnya normal, batuk-pileknya menghebat, sampai susah tidur.
Jadi obat batuk-pileknya yang masih diteruskan. Dan alhamdullilah sekarang
sudah jauh berkurang (pileknya sudah sembuh walaupun sekali-sekali masih
batuk).
Jadi menurut saya DSA yang baik akan memberikan obat sesuai tingkatan
sakitnya. Jika masih berlanjut obat yang pertama (ringan) akan diganti
dengan yang sedikit keras. Kemudian jika kelihatannya kondisi anak membaik,
jangan langsung dihentikan pemberian obatnya, paling tidak selama sehari
kemudian. Jadi saran saya sebaiknya ibu kembali ke DSAnya, dan ceritakan
perkembangan sejak pulang dari periksa terkahir.
Semoga cepat sembuh ya..