Mbak Dill...

Saya baru ikut senam hamil juga setelah 8 bln (atas rekomendasi Dokter), dan
waktu 7 bln saya mau ikut senam, tempat senamnya nanya, sudah disuruh Dokter
atau belum... karena waktu itu belum jadi saya tunda sampai kandungan saya 8
bln. Jadi saran saya tanya DSOG-nya aja dulu Mbak... mungkin ada
pertimbangan2 medis. tapi rasanya sih bukan karena akan merangsang
kontraksi.

Ditempat senam hamil itu (RSB Asih setiap hari minggu jam 7-8 atau 8-9 pagi)
diajarin cara2 merangkak dan nunggingnya.

Gerakan nungging itu (menurut instrukturnya) kalo sering2 dilakukan
diharapkan bisa merubah posisi janin supaya pada tempatnya. Nunggingnya itu
seperti nungging biasa, lutut agak direnggangkan, cuma dada kita juga harus
ikut menempel dikasur (saya biasanya melakukannya diatas tempat tidur
ajah... ) sehingga posisi (maaf) pantat akan menjulang keatas. Saya (hamil
38 mgg) biasanya melakukannya tiap pagi dan sore masing2 sekitar 5 menit.
Tapi waktu itu dikelas senam ada yang sungsang juga dan dianjurkan untuk
melakukannya sesering mungkin.... Kalo gerakan merangkak (kalo nggak salah
istilahnya "kegel") kayaknya bukan untuk merubah posisi janin yah, tapi
untuk melatih otot2 tulang belakang.

Demikian share saya, semoga bermanfaat.

Fiona