Saya rasanya sudah pernah 'mempopulerkan' kiat-kiat
persalinan .... tapi saya ulang lagi deh. Ini dijamin
manjur soalnya udah dua kali melahirkan saya
jalanin...dan sukses berat.

Begini caranya....olah raga jongkok bangun sesering
mungkin. Kalo yang pernah ikut senam hamil pasti tau.
Buat yang engga tau ini aku kasih tau. Caranya cari
pegangan horisontal yang kuat yang tingginya kurang
lebih sepinggang kita...atau lebih tinggi sedikit.
Bisa meja yang besar dan kuat (meja meeting room
mis.)Pegang dengan kedua tangan kuat-kuat...berdiri
kurang lebih dua kaki dari situ...jadi tangan kita
menekuk dengan enak...kaki dibuka selebar bahu lebih
sedikit. Nah jongkok deh....waktu jongkok telapak kaki
harus tetap menapak penuh pada lantai....engga boleh
jinjit. Tarik nafas....terus bangun...yah begitu
terus. Posisi ini bagus sekali untuk mendorong si
janin masuk ke rongga panggul.

Pengalaman sama anak pertama...udah telat seminggu
saya lalu olah raga begini setiap kali pipis ke kamar
mandi...sekali olah raga saya lakukan 30 kali
pelan-pelan. Bayangin deh sekali berapa kali tuh. Anak
pertama saya lahir 3 hari kemudian...mulesnya cuma 3
jam dan percaya engga...saya engga pake ngeden...cuma
buka kaki..tarik nafas sekali...keluar deh anakku
dengan gampang.

Anak kedua malah lebih gampang lagi...4 hari saya olah
raga kayak begini (tadinya sama sekali engga ada
bukaan dan mulut rahim masih tebal)...termasuk kalo di
kantor..saya pegangan sama meja di ruang rapat...tiap
jam 30 kali. Kalo di rumah ya tiap pipis 30 kali. Anak
kedua ini malah engga pake terlalu mules...mulesnya
cuma 1/2 jam anakku lahir engga pake ngeden lagi.
Hampir aja dia lahir di jalan tol.

Jadi saya yakin banget cara ini bisa sukses...oh ya
yang menyarankan olah raga macam begini dsog saya.

Selamat mencoba ya

Stella