Dear Mbak Aminah,

Aku pernah ngalamin yang seperti Mbak alami juga, pas kehamilan usia 8,5
bulan-an lah. Gejala-nya, kaki dan tangan-ku itu ada
bintik-bintik-seperti biang keringat- yang kalau digaruk (seperti Mbak
bilang) enakkkkknya..
Nah karena sudah sangat mengganggu baik di kantor (waktu itu aku belum
cuti melahirkan) maupun di rumah, dan karena garukan kita sudah
menyebabkan luka, maka kita pergi ke dokter kulit (i was afraid of
something might happen).

Ternyata aku boleh lega, karena dokter kulit bilang itu adalah semacam
bawaan mau lahir-an si bayi (seperti juga kadang ada ibu yang mau
mendekati masa melahirkan, batuk-batuk terus, dstnya). Bukan karena
alergi terhadap makanan/minuman/angin/virus dsb-nya. Gejala ini timbul
hanya pengaruh hormon yang sedang meningkat, yang sifatnya sangat
individual pada masing-masing orang dan hanya temporary saja, artinya
setelah melahirkan, tidak akan gatal lagi.  Jadi sebenarnya obatnya
tidak ada. Kalau pun diberikan obat luar, itu hanya digunakan untuk
mengurangi rasa gatal/nyeri akibat garukan. Waktu itu dokter kulit-ku
memberikan salep dan bedak dingin, yang harus sering dioleskan ke bagian
tubuh yang gatal.

Dan memang benar, setelah si kecil lahir, rasa gatalnya sudah berkurang,
dan setelah +/- 1 bulan kulit sudah berangsur-angsur mulus.

Demikianlah sharing dari saya, semoga berguna. Mohon maaf bila terlalu
panjang.
--
Regards,
ROSSIE