P.Ridwan dan rekan netters,

Sharing singkat saja...

Adalah sangat wajar bagi anak yg usianya semakin meningkat untuk selalu
menginginkan apa saja yg belum pernah diketahuinya.
Adalah KEWAJIBAN orgtua untuk mengajarkan kepada anak bahwa sesuatu yg
diinginkan anak tidak selalu harus terpenuhi.

Tindakan P.Ridwan yg saya SANGAT tidak setuju adalah, "..ya kita sebagai
orang tua terpaksa harus memenuhinya".
Saya lebih cenderung utk mengajarkan kepada anak saya dg 'kebalikan' dari
statement diatas, yaitu "..ya kita sebagai orang tua terpaksa harus TIDAK
memenuhinya".

Seorang anak harus diajarkan mengalami bagaimana rasa KECEWA itu. Contoh yg
paling mudah adalah, suatu saat anak kita minta ice cream, kita akan penuhi,
tetapi di saat yg lain TIDAK kita penuhi. Adalah hal yg wajar kalau anak
kita akan menangis. Menangis adalah cara anak utk melampiaskan rasa kesal
dan marahnya.

Pengalaman saya terhadap anak saya, Rihan, pada awalnya memang dia akan
menangis. Dan biasanya Rihan hanya menangis tidak lebih dari 1 menit. Dan
tentu saja saya biarkan dia menangis, dan apabila sudah kira-kira 1 menit
masih tetap menangis, paling saya hanya tanya ke Rihan,
"Nangis dan marahnya sudah selesai atau belum ?". Kalau rasa kecewanya sudah
hilang, Rihan pasti langsung berhenti begitu saya tanya hal ini.
Kalau Rihan masih merasa kecewa, dia akan meneruskan nangisnya, dan bbrp
saat kmd saya hanya akan mengatakan, "Kalau sudah selesai nangisnya, kasih
tahu ke ayah ya...". Setelah bbrp saat, Rihan akan langsung mengatakan,
"Nangisnya sudah ayah..."

Kemampuan anak utk mengatasi dan mengendalikan rasa kecewanya mrpk salah
satu hal penting utk meningkatkan EQ (kecerdasan emosi)-nya.

Kenapa bisa dengan mudah utk melakukan hal ini ?

Pertama, kita sbg orgtua harus TEGAS dalam mendidik dan mengatur anak kita.
Yg sering terjadi adalah ANAK yg 'MENGATUR' orgtuanya, TANPA disadari oleh
orgtua sendiri.

Kedua, seperti contoh Rihan diatas, dia mudah dilarang utk tidak makan ice
cream pada SAAT itu, krn Rihan tahu bahwa pada saat yg lain boleh makan ice
cream tsb.
Mungkin kelihatan tidak konsisten, tapi dg memberikan alasan mengapa pada
saat tertentu tidak boleh, maka anak akan belajar 'hubungan sebab-akibat'.

Belajar dari hal yg kecil ini, anak akan lebih mudah diberitahu utk tidak
melakukan hal2 yg membahayakan dirinya, tentunya dg menjelaskan juga kenapa
tidak boleh melakukan hal yg berbahaya tsb.

Apabila sejak dini kita mengajarkan hal ini, akan tidak sulit utk mengatur
anak kita menjadi disiplin.

Tentu saja HANYA dengan melakukan hal diatas tadi TIDAK akan begitu saja
mampu mengajarkan disiplin kpd anak kita, TETAPI banyak hal lain yg harus
dilakukan secara bersama-sama. Interaksi dari banyak hal baik (termasuk cara
pengasuhan orgtua dan lingkungannya) yg diterima anak setiap harinya itulah
yg akan membentuk karakter dan perilaku anak yg cerdas secara fisik dan
mental/emosinya.

Semoga bermanfaat.
Maaf kalau jadinya tidak singkat...eh malah kepanjangan :)

salam,

Taufan Surana
eBook untuk mengasuh anak menjadi CERDAS
secara FISIK, MENTAL dan SOSIAL.
http://www.babybrain.s5.com/
or send a blank mail to :