Pak,
anak2 seumur itu mmg rasa ingin tahunya cukup besar.
Jd dia akan ingin ini itu, pengen lihat aja, atau pengen mainan, atau
bahkan dimakan...
Nah, memang kita sebagai ortu yg musti pinter2 ngakalin.
Ngga' cuman membujuk agar dia tdk mendapat benda yg diinginkan, tapi kalau
bisa baiknya dijelaskan kenapa dia tdk boleh benda tsb. (Btw, banyakan
kasusnya minta apa sih, pak?)

Jadi, misal dia lihat gunting, dia minta gunting tersebut, tentu aja kita
ngga' akan kasih kan? Nah jangan langsung alihkan perhatian dia ke yg
lain, krn suatu saat dia lihat gunting tadi, dia akan tertarik lagi, dan
minta lagi. Baiknya, kita kasih tahu dia, ini gunting bahaya krn bisa
motong [klu perlu peragakan smbl motong kertas], kamu masih kecil, belum
bisa pegang gunting, ayah tdk mau tangan kamu kepotong, nanti sobek,
berdarah, kamu jadi sakit. Dst.

Moga2 membantu!

best regards,
Quinike