Halo Mama Bagas, langsung saja ya
>   1. Anak saya 15 bln kok belum bisa jalan  yach ?
> apa memang ada  anak  yang
>       seperti itu
Masih ada waktu 2 bulan untuk belajar jalan. Jika
sampai 17 bulan belum melangkah perlu konsultasi ke
dokter. Biasanya anak yang melewati fase merangkak
jalannya agak lama mungkin karena 'keenakan' jadi
perlu dilatih berdiri pegangan ke kursi/meja lalu
diajak berpindah.

>   2. Akhir-akhir ini saya perhatikan kulit anak saya
> seperti biang keringat yang makin lama-makin banyak
terutama dibagian dada serta leher belakang ,apakah
ini biang keringat biasa atau karena alergi sesuatu
makanan atau susu barangkali

Selain dari udara bisa jadi karena alergi, karena
alergi yang terus menerus bisa membuat ruam kulit
bahkan eksim basah dan kering. Coba diatur lagi menu
makanannya agar diketahui penyebab alerginya. Untuk
mengobati coba Elocon salep atau Myco-Z.

> 3.Dengan berat badan yang +/- 10 kg ( lahir2,7)
> normalkah pertumbuhannya  ? soalnya akhir-akhir ini
susah sekali makannya (apa ada kiat khususs untuk hal
ini )

Berat 10 kg untuk 15 bulan sepertinya agak cukup kok
ya bu. Rasanya hampir tiap anak susah makan, tips nya
sudah banyak di bahas di milis kita ini yang jelas
harus telaten baik dalam variasi, bentuk sampai
nyuapinnya.

> 4. Kenapa yach  dia  sering sekali  nangis  kalau
> malam( ngambek) dan itu selalu terjadi setiap malam

Sebelum tidur anak harus diberi jarak untun cooling
down agar siap tidur. Jadi usahakan 1 jam sebelum
tidur sudah diarahkan misalnya sikat gigi, cuci kaki
tangan, ganti piyama kemudian naik ke tempat tidur
untuk baca buku atau kegiatan santai lain. Kalau jarak
dari waktu bermain aktif dan tidur terlalu dekat anak
masih dalam kondisi overstimulated, jadi secara fisik
sudah capek, tetapi masih ada keinginan untuk bermain
dan itu tidak bisa dihandle sendiri oleh anak, harus
orang tua yang mengarahkan.

Mamanya Dafi