Mbak Diena,
Tahap usia anak mbak kan perlu sesuatu untuk rasa
aman, ada yang memilih boneka, selimut, guling ompol,
bahkan jempol tangan, jadi rasanya wajar aja kalau
setiap kesempatan terutama mau tidur, teman-temannya
harus ikut.
Saya sendiri tidak tahu pasti apakah boneka bisa
berpengaruh pada kepribadian anak, karena dengan
boneka anak juga bisa mengenali beberapa hal, misalnya
bentuk, warna, nama-nama benda juga untuk
mengembangkan daya khayal. Saya rasa kan tidak
selamanya anak bermain boneka, dalam usia sekarang
perbedaan lak-laki dan perempuan sudah mulai bisa
dijelaskan tetapi sebaiknya dia tidak dilarang bermain
boneka karena dia laki-laki. Yang perlu adalah
mengurangi ketergantungannya dengan boneka tersebut,
jadi misalnya seminggu sekali 'teman'temannya' bilang
mau tidur sendiri di kotak mainan atau mau tidur sama
mama dulu, nanti lama-lama makin sering sehingga anak
akan terbiasa tidur tanpa boneka lagi.

Yang saya pernah baca sih, sebaiknya anak laki-laki
tidak dikenalkan dengan les menari sebelum usia 6
tahun, karena akan mempengaruhi pertumbuhan
pribadinya.
Les piano juga begitu, meskipun masih jadi perdebatan,
tetapi ada tante saya yang menekuni piano membenarkan
hal itu, karena kebanyakan rekan prianya dikenalkan
piano pada usia dini (4 tahunan) berkembang menjadi
agak 'perempuan'

Mamanya Dafi

--- "Syarifa, Diena (KPC)" <[EMAIL PROTECTED]>