Mbak Diana,

Untuk yang dot, tentunya bisa sejak lahir yah?.
Trus yang modelnya kayak kerucut itu mulai dari 6 bulan (tapi buat anak saya
sejak usia 4 bulan udah saya pakai untuk kasih jus pepaya). Untuk yang
sedotan, mulai dari 9 bulan (kalau anak sudah bisa menghisap) dan yang model
gelas, sejak setahun.

Tapi itu sih bukan patokan penting. Tergantung dengan kemampuan bayinya
saja. Anak saya karena waktu usia di bawah 4 bulan selalu menolak botol dot,
jadi sering disendoki susunya, sehingga di usia 7 bulan ini sudah mahir
minum dari gelas meskipun masih sering tumpah2... Dan sekarang sedang iseng2
saya ajari minum pakai sedotan, karena dari wajahnya terlihat sangat
berminat sekali melihat adik saya minum jus pakai sedotan. Setelah
dicobakan, air di sedotan bisa dihisap pelan2 tapi belum bisa nyampe ke
ujungnya jadi baru sampai setengah tiang saja... :-)

Bunda Segara

Sehat tidak berarti selalu mahal
http://www.swausaha.com/members/wbs.html