wah, saya jadi tertarik untuk ikutan ngomongin ASI, boleh kan ?! sebagai
seorang bapak, saya pernah mengikuti suatu seminar plus pelatihan dari DR
Utami tentang pijat bayi.  dan di sana ternyata selain pelatihan pijat bayi,
kita juga diterangkan tentang manfaat dari ASI... Dan DR Utami ini sangat
menganjurkan (kalau tidak mau dibilang "mengharuskan") setiap ibu sebaiknya
memberikan ASI kepada bayinya setidaknya ASI Eksklusif selama 6 bulan
(maksudnya bayi hanya diberi ASI sampai ia berusia 6 bulan).  Manfaat ASI
sangat banyak karena Tuhan menciptakan ASI bagi para ibu dengan komposisi
gizi, zat anti bodi, dll sesuai kebutuhan bayi kita (DR Utami juga
mengatakan bahwa hal yang sama juga terjadi pada sapi, ASI sapi sebenarnya
diciptakan khusus bagi anak sapi dengan komposisi yang sesuai kebutuhan anak
sapi....).  Jadi ASI para ibu sungguh baik bagi bayinya.  Di samping itu,
dengan memberikan ASI, para ibu juga semakin memiliki hubungan batin yang
erat dengan bayinya dan bayinya akan merasa lebih nyaman dan tenang, di
samping manfaat-manfaat lainnya.

Istri saya menjalankan betul ASI Eksklusif itu dan hingga kini, anak saya
(berumur kira-kira 18 bulan) masih terus diberi ASI (sebagai makanan
pelengkap).  Saya setuju dengan pendapat Ibu Susan yang mengatakan bahwa
tekat dalam memberikan ASI berpengaruh juga dalam pemberian ASI, di samping
makan makan bergizi, cukup istirahat dan sebagainya.  Dan  kalau ASI-nya
kurang, saya sependapat dengan Ibu Susan, coba dech makan daun katuk, karena
itu pun sudah dialami oleh istri saya (waktu ASI Eksklusif, ia makan daun
katuk 3x sehari dan hasilnya memang benar ASI bertambah).

Dan mengenai banyaknya ASI yang perlu diberikan, sewaktu saya mengikuti
Parents Education Programme, kami para peserta diberitahu oleh tentor kami
bahwa selama bayi itu mau ASI selama itu pula bayi harus diberikan ASI, jadi
tidak ada batasannya.  Well, saya pribadi sangat mendukung ASI Eksklusif
karena baik adanya.  Itu saja sharing dari saya, terima kasih dan semoga
bermanfaat.