Mbak pipit,
Setahu saya, selama dalam jangka waktu 24 jam, bayi masih buang air kecil
sebanyak minimal 6x, berarti dia tidak kekurangan minum. Bisa juga dilihat
dari pertambahan berat badannya, apakah ada kenaikan setiap bulannya?

Masalah ASI, yang paling penting itu NIATnya mbak. Kalau dari dalam hati
kita bener-bener niat, maka biasanya ASI akan tetap keluar. Selain itu mbak
Pipit sendiri perlu banyak makan & minum, makanan & minuman yang bisa
memperbanyak ASI (sementara lupakan dulu masalah berat badan kita, yang
penting bayi kita cukup mendapat ASI kan mbak) & penting diingat, semakin
sering bayi menyusu maka produksi ASI dengan sendirinya akan terus
berlangsung. Sedikit sharing saya, sehabis melahirkan saya kesulitan
menyusui karena (maaf) puting saya masuk ke dalam sehingga bayi saya sulit
menyusu & ASInya keluar sedikiiiit sekali, semua saudara saya sudah bilang
"sudahlah dikasih susu formula saja" tapi saya tetap bertekad untuk memberi
ASI. Saya makan daun katuk / bayam 3x sehari (bosen banget sih) selama 2
bulan, makan kacang hijau, ngemil kacang-kacangan, banyak minum air putih
dan terus mengosongkan payudara. KAlau bayi saya tidur saya pompa & taruh di
kulkas (malam-malam pun saya kosongkan payudara agar ASI bisa terus
berproduksi), kalau bayi saya melek langsung saya suruh menyusu. Terus saya
juga giat melakukan senam untuk memperbanyak ASI, hasilnya ASI saya melimpah
ruah, bayi saya bisa mendapat ASI ekslusif sampai usia 4 bulan, dan bisa
mendapat ASI sampai usia 16 bulan.

Wah maaf ya kalau kepanjangan. KAlau sudah ngomong masalah ASI saya jadi
semangat, sampai temen-teman saya nyuruh saya jadi penyuluh ASI aja :-)

Semoga bermanfaat mbak Pipit.