From: Budi Susanto [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Wednesday, September 05, 2001 8:26 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] Belajar warna

Prinsip dari proses belajar mengajar pada seorang anak adalah dengan
'learning by playing' artinya bagaimana ketika belajar dalam suasana bermain
dan disaat bermain anak dapat menerima pelajaran. Demikian pula dengan
memperkenalkan warna, saat saya memperkenalkan warna pada anak, saya pilih
sebuah buku yang menceritakan sebuah dongeng tentang asal muasal warna
ketika saya bacakan(jelaskan) di dalam buku terdapat gambar batu bata merah,
bunga mawar merah, mobil pemadam kebakaran merah, jengger ayam merah dan
semua serba merah seperti yang ada dalam buku tersebut. Kemudian proses
selanjutnya adalah comparasi, anak disuruh mencari benda-benda apa yang ada
disekitarnya memiliki warna yang sama seperti dalam buku(sambil bermain)
dengan mengajukan pertanyaan Apakah kursi ini warnanya sama dengan batu bata
dalam buku ? (atau benda lain yang warnanya memang merah).... begitu
seterusnya. Tahap berikutnya anak mencari sendiri benda apa yang memiliki
warna merah. Begitu seterusnya untuk warna lainnya, satu sampai dengan tiga
atau tujuh hari cukup satu warna saja. Semoga bermanfaat
Thanks
Budi Susanto