From:   Ari Martilistyowarni [SMTP:[EMAIL PROTECTED]]
Sent:   Wednesday, September 19, 2001 8:32 AM
To:     [EMAIL PROTECTED]
Subject:        Re: [balita-anda] Resep Makanan Bayi (2)

Mbak Mega,
yang saya tau semua bagian tomat baik untuk kesehatan, apalagi bijinya.
mungkin mbak bisa baca artikel di bawah ini yang saya peroleh dari milis
ini juga.
Jadi jangan kwatir ya.......

Salam,
Ibunya Ajie
------------------------

Tomat Mencegah Penggumpalan Darah

Banyak orang mengenal tomat sebagai buah yang kaya vitamin dan baik bagi
kesehatan. Kini, para peneliti dari
Rowett Research Institute di Aberdeen Skotlandia berhasil menemukan
manfaat tomat dalam mencegah
penggumpalan darah yang dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke -
dua jenis penyakit penyebab
kematian terbesar di negara berkembang.

Berdasarkan hasil temuan yang diluncurkan Kamis (13/7), gel berwarna
kuning yang menyelubungi biji tomat
tampaknya dapat menjaga platelet (partikel kecil yang dijumpai pada plasma
darah dan pembekuan darah) dari
proses penggumpalan, selain itu dapat menghilangkan pembekuan berbahaya
yang dapat menghambat pembuluh darah
.

Para peneliti memperkirakan gel tersebut diharapkan dapat menunjukkan
jalan bagi terciptanya terapi
alternatif anti platelet seperti aspirin, yang sudah digunakan secara luas
untuk mencegah pembekuan darah
tetapi dapat menyebabkan gangguan perut dan pendarahan.

Tes terhadap sekelompok kecil sukarelawan menunjukkan bahwa gel yang
jumlahnya seimbang dengan empat buah
tomat dapat mengurangi aktivitas platelet sampai dengan 72 persen dan
tidak menyebabkan pendarahan.

Buah-buahan dan sayuran sejak lama dikenal dapat membantu mengatasi risiko
penyakit jantung. Tetapi tim
peneliti Rowett ini dapat menunjuk dengan tepat, gel yang menyelubungi
biji tomat merupakan faktor penting
dalam buah tomat.

Peneliti mengatakan, tomat memang merupakan sumber terbaik bahan kimiawi
yang bersifat anti-platelet.
Strawberi, melon dan buah anggur juga mengandung bahan tersebut. (Rtr/ac)